Sabtu, 12 Maret 2016

Konsep Yin Yang Dalam Akupunktur

Sudut pandang Ilmu pengobatan Cina :

  • Bahwa tubuh manusia di lahirkan, di jelmakan dan berbentuk adalah berasal dari dua hal yang mewakili Yin dan Yang
  • Bahwa tubuh manusia adalah bentuk kesatuan dari pertentangan Yin dan Yang, maksudnya adalah :"Manusia lahir dari dua hal yang mewakili Yin dan Yang". Jadi hanya dengan mempertahankan keseimbangan Yin dan Yang itulah manusia dapat mempertahankan hidup secara teratur dan sehat, dan bilamana terjadi kehilangan keseimbangan itu, maka akan terjadilah yang namanya sakit, dan untuk mencapai sehat kembali tujuan pengobatan adalah dengan memulihkan keseimbangan itu.
  • Bahwa sesuatu di alam semesta ini merupakan bentuk kesatuan dari Yin dan Yang, maka keadaan Yin Yang di dalam tubuh manusia harus di seimbangkan atau diselaraskan dengan keadaan Yin dan Yang sekelilingnya (alam semesta). Intinya manusia perlu menyesuaikan diri (adaptasi) dengan lingkungannya sebagai upaya peyelarasan Yin dan Yang.
Dengan sudut pandang diatas ilmu pengobatan akupunktur khususnya dan ilmu pengobatan Cina pada umumnya meletakan dasar ilmu pengetahuan untuk upaya pencegahan penyakit, sebagai ilmu pencegahan penyakit.

  • Yin Yang Dalam Bidang Diagnosis :
Sekalipun di dapati berbagai jenis penyakit, diantaranya penyakit cang fu beserta sindrom-sindromnya, kelainan meridian, sindrom 6 meridian, sindrom san cia, sindrom Ying Wei Ci Sie dan sebagainya.'Secara keseluruhan tidak lepas dari delapan dasar diagnosa, yaitu :
  1. Yin
  2. Yang
  3. Pia (Luar)
  4. Li (dalam)
  5. Han (dingin)
  6. Re (panas)
  7. Si (lemah)
  8. Se (kuat/ekses)
Dalam 8 dasar diagnosa Yin Yang merupakan pusat komando dan ke enam dasar diagnosis lain adalah sebuah diferensiasi dari Yin dan Yang, dimana "Luar, panas, Se adalah Diferensiasi Yang". Sedangkan "Dalam, dingin dan Si adalah diferensiasi Yin". Jadi bagaimana pun juga segala keadaan penyakit tidak lepas dari 8 dasar diagnosis dan tak terlepas dari ruang lingkup Yin dan Yang. dan dalam tujuan pemeriksaan hal yang utama adalah menentukan perubahan Yin dan Yang si penderita, kemudian setelah itu di adakan diferensiasi yang lebih terperinci.

  • Yin Yang Dalam Bidang Terapi :
Dalam terapi maka tindakan yang di ambil apabila penderita mengalami serangan penyakit Yin dalam tindakan terapi di lakukan pengobatan bersifat Yang, misalnya penderita dalam keadaan lemah (Si), maka di ambil tindakan- tindakan Penguatan (Pu) dan ini tergolong dalam tindakan Yang.

  • Yin Yang Dalam Prognosis :
Yaitu bila mana pada penyakit Yang di dapati gejala Yin dalam perjalanan penyakitnya, itu berarti bahwa penyakit memberat,'Sedangkan bila mana pada penyakit Yin di temui ada tanda-tanda Yang berarti penyakit dalam proses pemulihan/ penyembuhan.

  • Yin Yang Dalam Tubuh Manusia 
  1. Yin        : Dada, perut - Tubuh bagian bawah - Cang - Sie - Ying - Li
  2. Yang      : Punggung, bokong - Tubuh bagian atas - Fu - Ci - Wei - Pia
  • Yin Yang Dalam Gejala Penyakit
  1. Yin        : Kronis - Tenang - Dingin - Lembab - Regresif (Bersifat mundur/memburuk)
  2. Yang      : Akut - Gelisah - Panas - Kering - Progresif (Kemajuan/berangsur pulih)
Demikian pembahasan singkat mengenai konsep Yin Yang yang menjadi dasar dari pengobatan akupunktur dan pengobatan cina secara umum. semoga menjadi bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar