Minggu, 13 Maret 2016

Titik Dominan

Titik dominan:

1. Zang -- LR-13 Zhangmen

2. Fu -- CV-12 Zhongwan

3. Qi -- CV-17 Shanzhong

4. Darah -- BL-17 Geshu

5. Tendon -- GB-34 Yanglingquan

6. Pembuluh darah -- Lu-9 Taiyuan

7. Tulang -- BL-11 Dazhu

8. Sumsum tulang -- GB-39 Xuanzhong

Menurut Classic of Difficulties, titik dominan untuk :

o LR-13 Zhangmen --- merupakan titik dominan zang dan titik mu depan SP/limpa. Standards of Patterns and Treatment menyatakan "Intisari lima organ zang diedarkan oleh limpa/SP" LR-13 adalah titik penting untuk menguatkan SP dan seluruh organ zang dan tubuh.

o CV-12 Zhongwan --- adalah titik dominan organ fu dan titik mu depan ST/lambung.Sebagai asal dari Qi pasca-natal, ST dan SP dianggap memainkan peran utama di antara organ zang fu, mengubah dan mendistribusikan sari makanan ke seluruh tubuh. Karena alasan inilah, ST dikatakan dominasi organ fu.

o CV-17 Shanzhong --- sebagai titik dominan qi, juga dikenal sebagai Shang Qi Hai (lautan Qi bagian atas). Menurut Spiritual Pivot, CV-17 adalah lautan Qi (bergabung dengan DU-14 Dazhui, DU-15Yamen, dan ST-9 Renying). Terletak di dada tengah, CV-17 memiliki aksi kuat dalam mengumpulkan zong qi untuk mengatur fungsi LU(paru-paru) yang dominasi dalam Qi, mengontrol pernafasan dan percakapan; dan fungsi HT (jantung) yang memerintah darah dan pembuluh darah.

o BL-17 Geshu --- adalah titik dominan darah dan titik tunggal paling penting dalam mengobati gangguan darah parah, darah statis, dan defisiensi darah.

o GB-34 Yanglingquan --- adalah titik dominan tendon dan adalah titik utama untuk mempengaruhi tendon ke seluruh tubuh. Contoh kasus, kontraksi tendon, leher dan bahu kaku, otot dan daerah smbungan tulang kaku dan tegang, dan gangguan paling khusus di kaki seperti lutut nyeri, hemiplegia, gangguan atrofi, dan obstruksi nyeri.

o LU-9 Taiyuan --- adalah titik dominan pulsa dan pembuluh darah. Classic of Difficulties menyatakan "Pembuluh darah berkumpul di Taiyuan LU-9". Titik LU-9 taiyuan adalah titik penting untuk harmonisasi hubugnan anatara mengumpukan zong qi dan aliran darah di pembuluh darah. Saat pengumpulan Qi defisiensi dan gagal dalam sirkulasi darah, akan terbentuk kolam dan stagnasi dalam dada dan HT/jantung akan memberikan bermacam manifestasi dalam stagnasi darah. LU-9 indikasi lebih jauh untuk gangguan pembuluh darah secara umum seperti muntah,, batuk berdarah, dan sindrom tanpa pulsa.

o BL-11 Dazhu --- titik dominan tulang dan indikasi untuk macam-macam gangguan tulang, leher nyeri dan kaku,tulang belakang, dan daerah pinggang. Dalam praktik modren saat ini, BL-11 digunakan untuk obstruksi menyakitkan menembus tulang dan persendian karena kelainan bentuk ( dikenal sebagai bony painful obstruction)

o GB-39 Xuanzhong --- adalah titik dominan sumsum tulang. Titik ini dapat membetulkan otot/tendon dan tulang dan indikasinya sangat luas, seperti lemah, flaccidity, kontraksi, dan nyeri anggota gerak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar