Minggu, 13 Maret 2016

TITIK MERIDIAN ISTIMEWA

Terdapat delapan (8) meridian istimewa 

1. CV = LU-7 (Lie Que) 

2. GV = SI-3 (Hou Xi) 

3. Chong = SP-4 (Gong Sun) 

4. Tay = GB-41 (Zu lin qi) 

5. Yinjiao = KI-6 (Zhao Hai) 

6. Yangjiao = BL-62 (Shen Mai) 

7. Yinwei = PC-6 (Nei Guan) 

8. Yangwei = SJ-5 (Wai Guan) 

Menurut Ode of the Obstructed River, bagian "Delapan metode terapi" mendiskusi penerapan delapan titik induk meridian istimewa untuk symptom khusus dan area tubuh: 

· LU-7 Lieque : untuk gangguan kepala, pemberontakan dan rintangan reak dan tenggorokan kering. 

· KI-6 Zhaohai : untuk angin tenggorokan (bengkak dan nyeri, susah menelan). 

· PC-6 Neiguan : untuk gangguan dada 

· SP-4 Gongsun : untuk gangguan nyeri perut di bawah umbilicus. 

· SI-3 Houxi : untuk gangguan GV dan mania depresi. 

· BL-62 Shenmai : untuk mengusir dingin dan panas, mengobati sakit kepala karena angin dan ketakutan. 

· SJ-5 Waiguan : untuk luka karena angin luar bergabung sakit kepala. 

· GB-41 Zulinqi : untuk gangguan mata 

Rumus

1. DU + Yang Ciao = Masalah Belakang 

2. Ren + Yin Ciao = Masalah Depan 

3. Yin Wei + Chong = Kesuburan Wanita 

4. Yang Wei + Tay = Masalah Panas 

1. LU-7 (Lie que/CV) : Meridian CV berjalan sepanjang garis tengah depan tubuh, berhubungan dengan uterus dan alat kelamin. LU-7 dapat mengobati retensi lokhia dan janin mati, nyeri di alat kelamin dan gangguan BAK. 

2. KI-6 (zhao hai/yinjiao) : Daerah meridian yinjiao yaitu bagian dalam kaki, tenggorokan, otak dan inner canthus. KI-6 titik penting mengobati gangguan tenggorokan kronis, berbagai jenis gangguan mata, epilepsi siang, kaku dan kontraksi dari kaki bagian dalam. 

3. PC-6 (Nei guan/yinwei) : Menurut Classic of Difficulties "saat yinwei diserang penyakit, hasilnya nyeri jantung." Indikasi untuk Yinwei : nyeri dada, rasa penuh dan nyeri di lateral iga, PC-6 merupakan titik yang paling penting untuk mengobati nyeri jantung dan dada. 

4. SP-4 (Gong sun/chong) : Menurut Classic of Difficulties :" saat chong diserang penyakit, terjadi aliran qi yang berlawanan arah dan abdominal urgency. Abdominal urgency termasuk sensasi perut kram akut, biasanya bergabung disentri. SP-4 juga untuk pemberontakan Qi lambung seperti muntah dan gejolak gangguan tiba-tiba. 

5. SI-3 (hou xi/GV) : Berjalan sepanjang garis tengah tubuh belakang dari coccyx sampai kepala. SI-3 untuk gangguan kepala, leher, tulang belikat, daearh pinggang. GV mengatur semua meridian yang dan semua tubuh bagian luar. SI-3 memiliki efek kuat dalam menghilangkan demam khsusunya malaria, atau patogen angin dingin, angin panas yang menyebabkan panas dingin dan demam. Meridian GV melewati otak dan cocok mengobati epilepsi. 

6. BL-32 (shen mai/yangjiao) : Melewati daerah lateral tubuh dan kepala, berhubungan dengan meridian GB di GB-20 Fengchi dan masuk ke otak pada DU-16 Fengfu. BL-62 untuk angin luar dengan leher kaku dan sakit kepala, otak seperti kejang mulut, opisthotonus, mata menatap ke atas, gangguan penyimpangan mulut dan mata, windstroke, hemiplegia, dan epilepsi serta insomnia. 

7. SJ-5 (Wai guan/yangwei) : Berhubungan dengan semua meridian yang, termasuk GV. Waiguan SJ-5 adalah titik penting untuk menghilangkan faktor patogen bagian tubuh luar. Dahi merupakan daearh yangming; daerah temporal -> meridian shaoyang; daerah occipital -> daerah taiyang, sementara GV termasuk vertex. SJ-5 untuk sakit kepala temporal, frontal, occipital, dan vertex. 

8. GB-41 (Zu lin qi/tay) : Meridian tay mengitari daerah pinggang dan mengikat. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar