Sabtu, 12 Maret 2016

Konsep Yin Yang

Dalam dasar pengobatan Cina Yin Yang adalah konsep yang bersifat universal dan meliputi segala aspek, sebuah konsep yang mendasari pikiran dan bagaimana cara penggunaan pikiran. 

Konsep Yin Yang adalah menjelaskan dan menilai keadaan lingkungan baik secara makrosistem yaitu alam semesta secara utuh, maupun secara mikrosistem, yakni sub dari alam semesta yang salah satunya adalah manusia. Penjelasan dan penilaian dilakukan untuk menggambarkan fisiologi organ tubuh manusia, patologi penyakit, cara pemeriksaan dan penegakan sebuah diagnosis, cara terapi dan penilaian prognosis.

Dasar teori Yin Yang adalah falsafah alami berdasarkan pada keadaan alam semesta dengan di olah oleh pemikiran-pemikiran yang bersifat Genial, mencakup secara garis besar sifat alam semesta, serta segala aspek kehidupan manusia dan cara perilaku untuk mencapai kehidupan bahagia dan sehat dan cara pengobatan apabila sakit.

Sifat dan gejala segala sesuatu di alam semesta ini memiliki dua muka yang bertentangan, dan Yin Yang adalah dua rial yang bertentangan itu. Yin Yang saling bertentangan namun juga saling membentuk. Keduanya memiliki sifat dan kinerja yang bertentangan, akan tetapi dalam perbedaannya, dalam pertentangannya Yin Yang memiliki hubungan erat satu sama lain, pada akhirnya mereka adalah suatu kesatuan yang kemudian akan membentuk kembali pertentangan dan kesatuan kembali secara terus menerus. Sehingga penilaian Yin Yang dikatakan sebagai hal yang tidak mutlak dalam wujud dan keadaannya akan tetapi mutlak dalam karakteristik dan sifatnya.

Yin Yang tidak mutlak dalam wujud dan keadaannya adalah karena keduanya mengikuti keadaan dan sudut pandang, sesuatu hal bila berada di atas dikatakan sebagai Yang, namun apabila ada hal lagi di atasnya maka hal pertama tadi akan berubah menjadi Yin dan di atasnya menjadi Yang. 
Diatas Yang masih ada Yang, di bawah Yin masih ada Yin, dan inilah di katakan Yin Yang sebagai perwujudan dan keadaan yang tidak mutlak
Yin Yang di katakan mutlak adalah keduanya secara mutlak akan terus berubah mengikuti keadaan dan sudut pandang.

Yin Yang membentuk sebuah kesatuan dan menghasilkan keseimbangan. Hilangnya keseimbangan menimbulkan keadaan abnormal, dimana terdapat salah satu dari unsur keduanya dalam keadaan berlebihan dan harus di lemahkan agar terjalin kembali keseimbangan, sebaliknya bila salah satu dari keduanya lemah, maka yang lemah harus di kuatkan agar kembali seimbang dan normal.

Yin Yang pada suatu keadaan tertentu yang mencapai batas maksimal dirinya, maka ia akan berubah wujud memperlihatkan keadaan dan sifat yang bertentangan dengan dirinya sendiri, yaitu misalnya Yin dalam keadaan maksimal akan berubah menjadi Yang, begitu sebaliknya Yang apabila pada puncak maksimalnya akan berubah menjadi Yin.

Yin Yang Dalam Alam Semesta
  1. Yin      : Malam - Gelap - Bawah - Dingin - Air - Barat - Utara
  2. Yang    : Siang - Terang - Atas - Panas - Api - Timur - Selatan 
Penggunaan Yin Yang untuk menjelaskan segala sifat dan gerak perubahan sesuatu hal, disebut sebagai Teori Yin Yang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar