Minggu, 13 Maret 2016

Sindrom Jing Wei Qi Xue

Penggolongan Sindrom Jing Wei Qi Xue

Sindrom Jing Wei Qi Xue merupakan derajat beratnya penyakit. Yang paling dangkal adalah Sindrom Wei, lalu Sindrom Qi, menyusul kemudian Sindrom Jing dan yang paling dalam adalah Sindrom Xue. Yang menyebabkan timbulnya empat derajat sindrom ini adalah penyebab luar.

1. Sindrom Wei
Gejala utama: Suhu badan meninggi, sedikit takut dingin, berkeringat atau tidak berkeringat, sakit kepala, seluruh badan linu-linu (sakit), hidung tersumbat, suara serak, batuk dan nafsu makan menurun, selaput lidah putih tipis, nadi mengambang. Ini merupakan Sindrom Piao.

2. Sindrom Qi
Gejala utama: Tidak takut dingin namun sebaliknya, takut panas, haus, urin berwarna kuning tua, banyak keringat, mual dan muntah, perut kembung dan mulas, konstipasi atau diare, dubur panas (pedas), delirium. Selaput lidah dari putih menjadi kuning dan kering; nadi besar, licin dan cepat, atau tenggelam, besar dan kuat. Pada sindrom ini tidak terlihat adanya Sindrom Piao, panas dalam telah dibentuk.

3. Sindrom Jing
Gejala utama: gelisah, kesadaran menurun, insomnia, lidah merah tua, nadi cepat dan kecil, urine sedikit, sakit, nyeri serta panas saat miksi, hematuria, bibir pecah-pecah, mulut kering dan minum tak banyak.

4. Sindrom Xue
Gejala utama: kesadaran menurun, kejang-kejang, bercak merah pada kulit, muntah darah, melena, lidah merah tua, nadi kecil atau cepat, dan tegang seperti senar gitar.

Penggolongan Sindrom San Jiao
Sang Jiao / Jiao Atas
Sindrom Tay Yin Tangan Paru-paru yaitu sakit kepala, sedikit takut dingin dan angin, badan panas, berkeringat, haus atau tidak haus dengan batuk, nadi tidak cepat dan tidak pula lambat. Bila menjalar ke perikardium maka menimbulkan sindrom Perikardium, Cie Yin Tangan yaitu lidah menjadi merah, gelisah, haus, kesadarn menurun, insomnia dan lain-lain gejala dari kelainan Perikardium.

Cung Jiao / Jiao Tengah
Yang terutama adalah merupakan sindrom Yang Ming Kaki Lambung: badan panas, takut panas, muka merah, napas sesak, konstipasi, poliuria, mulut kering dan haus, selaput lidah kuning tua atau hitam berduri-duri, nadi besar. Tay Yin Kaki Limpa: badan panas sekali, lewat tengah hari semakin panas, kesadaran menurun, selaput lidah putih kotor, nadi lambat, kepala terasa membengkak dan berat, dada penuh, tak ada nafsu makan, mual dan muntah-muntah, miksi tak lancar, diare.

Xia Jiao / Jiao Bawah
Terutama merupakan sindrom Shao Yin Kaki Ginjal: waktu siang penyakit terasa lebih ringan, pada waktu malam gelisah, mulut kering tapi tidak mau minum, kerongkongan / tenggorokan nyeri dan kering, diare, dan timbul bisul pada tenggorokan, hal ini menyebabkan tidak dapat bersuara, tapak kaki dan telapak tangan panas, urin sedikit dan berwarna merah.
Cie Yin Kaki Hati: panas dan dingin saling berganti, gelisah dan pada sekitar jantung terasa panas dan sakit, mual dan muntah-muntah, sakit kepala, perut kosong tetapi tidak berselera untuk makan, kejang-kejang dan bibir timbul stomatitis, diare dan rasa berat sekitar anus, terjadi pengerutan skrotum, perut mulas dengan sakit yang hebat dan tuli

Tidak ada komentar:

Posting Komentar